Cara mendidik anak agar mandiri

Semua orang ingin memiliki anak mandiri dan memiliki sifat yang berbakti dan jadi manusia berguna. Anak adalah harta dan mutiara bangsa dna setiap orang tua akan memberi yang terbaik untuk mendidik anak mereka. Tetapi jangan salah mendidik dan sayang anak bukan berarti menuruti semua kemauan anak dan memanjakan mereka. Setiap langkah kita sekarang akan menentukan masa depan anak jadi marik ita simak tips berikut:

cara mendidik anak

 

1. Jangan menuruti semua kemauan anak dengan mudah

Menurutu semua kemauan anak adalah salah satu cara tercepat untuk merusak anak. Anak anda akan jadi anak yang tidak pernah mandiri dan manja. Individual yang malas dan tidak berguna di masyarakat banyak yang berasal dari anak orang kaya yang manja dan tidak dapat berfungsional secara baik. Buat anak anda menjadi individu yang kuat dan mampu mandiri dengan kekuatan sendiri.

 

2. Jangan mengatakan tidak ke banyak hal

Anak kecil pasti sering ingin mencoba hal baru. Wajar karena otak mereka yang cenderung kreatif dan masih muda memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Apabila kita sebagai orang tua sering mengatakan tidak kepada anak. Dampak yang bisa terjadi adalah: anak itu justru akan makin penasaran dengan larangan kita. Bisa bisa dia malah melakukan sesuatu yang sangat kita larang dengan keras. Doronglah anak anda untuk menjadi pribadi yang bertanggung jawab dengan tidak mengatakan tidak. Ajari mereka beberapa hal yang akan terjadi bila mereka melakukan sesuatu dan dari sana mereka akan bisa putuskan sendiri langkah terbaik.

 

3. Didik anak untuk jadi orang jujur

Kita harus bisa jadi panutan sebagai manusia jujur di mata anak kita. Beri tahu anak anda bahwa kebohongan cepat atau lambat akan cepat terbongkar. Kejujuran adalah jalan terbaik di segala situasi dan anak anda pasti akan bisa memahami konsep ini. Saat mereka jujur jangan menghukum mereka karena ini bisa membuat mereka enggan berkata jujur di kesempatan lain kali. Beri dukungan dan ajari kenapa tindakan mereka salah saat mereka berkata jujur. Memberi hukuman saat anak anda jujur akan mendorong dia untuk menyembunyikan sesuatu lain kali.

 

4. Jangan memukul anak

Jangan pernah memberi hukuman fisik kepada anak anda karena anak yang sering diberi kekerasan fisik tidak akan tumbuh baik. Anak yang sering diberi hukuman fisik akan menjadi dewasa yang ringan tangan. Selain itu anak yang diberi kekerasan fisik bisa cacat permanen baik dari segi fisik dan mental. Kekerasan fisik banyak yang menjadi dendam yang dipendam anak anda terhadap anda.

 

5. Sayangi anak anda secara tulus

Beri waktu dan perhatian anda secara tulus kepada anak. Anak kecil sering mengiginkan perhatian orang tua mereka lebih daripada barang materi. Kadang pekerjaan kita memang sibuk tetapi kita harus siap meluangkan waktu untuk buah hati kita. Apa yang anda tanam akan anda tuai, semakin banyak kasih sayang anda berikan kepada anak, maka anak akan menjadi anak yang dekat dan berbakti kepada orang tua. Luangkan waktu lakukan hal hal sederhana untuk anak anda seperti bermain bersama, jalan jalan sekeluarga atau bahkan sekedar membantu pekerjaan rumah anak itu.

anak masa depan bangsa

Kita sebagai orang tua memiliki tanggun jawab untuk membesarkan buah hati kita menjadi masyarakat yang baik. Anak adalah masa depan bangsa dan dari tangan kita masa depan anak kita dapat dibibit. Ikuti terus blog kami untuk cara mendidik dan tips dalam membesarkan anak.


Leave a Reply